Entri Populer

Selasa, 12 Oktober 2010

BMKG, waspada Lanina

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Palembang, memberikan peringatan dini kepada warga agar lebih mewaspadai kondisi diri saat berada diluar ruangan, terkait dengan perubahan cuaca yang akhir – akhir ini semakin sering terjadi, Menurut BMKG kondisi cuaca akan tiba – tiba berubah dari panas yang mencapai suhu 35 derajat Celcius menjadi Hujan angin yang disertai Petir, dan di Prediksi cuaca ini akan memuncak pada bulan Oktober mendatang seiring dengan musim penghujan.
Kepala Informasi dan Observasi BMKG Agus Santoso yang ditemui di kantornya mengatakan, bahwa perubahan cuaca pada tahun 2010 atau yang disebut dengan fenomena Lanina ini, disebabkan oleh pendinginan suhu muka laut di Pasifik Tengah dan terjadi Pemanasan suhu di Perairan Indonesia, sehingga menyebabkan penguapan awan sangat tinggi dan menyebabkan cuaca buruk sering terjadi termaksuk juga Pulau Sumatera khususnya Palembang, seperti Hujan lebat yang disertai Petir, serta suhu panas pada siang hari mencapai 35 Derajat Celcius, “Fenomena Lanina inilah yang mengakibatkan cuaca menjadi tidak stabil,” Terangnya.
Menurut Agus, fenomena Lanina ini merupakan salah satu dampak dari Pemanasan Global yang terjadi di seluruh dunia, Kondisi cuaca yang tidak stabil mulai dari bersuhu panas yang tinggi, dan diselingi hujan lebat berangin ini diperkirakan akan terus berlangsung pada bulan Desember sampai Januari, dan kemungkinan cuaca kembali stabil ketika musim penghujan selesai, “pada bulan Desember sampai Januari diperkirakan akan terus berlangsung,” ujar Agus.
Ia menjelaskan, pada pagi hingga siang hari, suhu tinggi bakal menyelimuti Palembang. Namun, pada sore hari, akan terjadi gumpalan awan-awan. Pada bulan Mei-Juni, diperkirakan cuaca bakal stabil, seiring masuknya musim kemarau,”cuaca akan kembali stabil memasuki musim kemarau,” Pungkasnya. (Febri).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar